Tanda-Tanda Gejala Penyakit Kanker Darah Leukemia

Penyakit kanker darah menjadi salah satu jenis penyakit kanker yang diidap oleh mereka yang masih berusia muda, dan bahkan bisa terjadi pada anak-anak. Hal ini tentu saja dapat membuat kebanyakan orang tua menjadi khawatir. Namun, sebagai orang tua masih bisa membantu buah hati jika mengetahui tanda-tanda awal gejala kanker darah dengan jelas.

Ciri-ciri adanya penyakit kanker darah atau leukimia memang bervariasi, tergantung pada jenis kanker darah yang dialami oleh seseorang. Adapun beberapa tanda-tanda gejala munculnya kanker darah, berikut ini informasinya.
gejala leukemia penyakit kanker darah

  • Merasa demam atau kedinginan
  • Tubuh terus – menerus merasa lelah atau lemah
  • Mengalami penurunan berat badan tanpa sebab
  • Sering mengalami infeksi berulang kaali atau mengalami infeksi berat
  • Tubuh mudah berdarah atau memar
  • Seringkali mengalami mimisan
  • Munculnya bintik – bintik merah kecil pada kulit
  • Keringatan yang berlebihan, terutama ketika malam hari
  • Munculnya rasa sakit atau nyeri pada tulang maupun persendian

Tanda – Tanda Terkena Kanker Darah Lainnya

Keberadaan beberapa penyakit yang ada dalam tubuh juga berkaitan dengan indikasi munculnya kanker darah. Oleh karenanya, kita perlu mewaspadai gejala leukemia / kanker darah yang berhubungan dengan penyakit seperti dibawah ini.

ciri ciri kanker darah leukemia

hidung kerap berdarah merupakan salah satu pertanda indikasi penyakit leukemia


Anemia
Anemia sendiri merupakan suatu kondisi tubuh kekurangan jumlah sel darah merah. Seperti yang kita ketahi bahwa sel darah merah memiliki fungsi baik untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh, oleh karenanya jika tidak ada cukup sel darah merah, hal ini membuat tubuh menjadi lemah, letih, lesu, kurang bersemangat, atau bahkan sesak napas.

Leukopenia
Ini merupakan suatu kondisi dimana tubuh kekurangan jumlah sel darah putih. Sel darah putih merupakan sel yang berfungsi memerangi infeksi. Kekurangannya dapat menyebabkan pertahanan kekebalan tubuh menjadi melemah sehingga tubuh menjadi lebih rentan mengalami infeksi.

Trombositopenia
Merupakan kondisi tubuh kekurangan jumlah trombosit darah. Trombosit sendiri memiliki tanggung jawab untuk membekukan darah. tubuh yang kekurangan trombosit darah mengakibatkan tubuh mengalami mudah memar atau berdarah.

Pembengkakan kelenjar getah bening
Pada beberapa kasus, tanda – tanda gejala leukemia mungkin termasuk pembengkakan yang terlihat pada leher, ketiak, maupun pangkal paha. Hal ini terjadi karena kanker darah sudah menyebar ke kelenjar getah bening.

Pembesaran hati atau limpa
Terjadinya penumpukan dari sel – sel darah abnormal di hati bisa saja menyebabkan rasa kenyang atau bengkak pada sisi kiri atas perut.

Sindrom myelodysplastic (MDS)
Merupakan kondisi sumsum tulang tidak dapat memproduksi cukup sel darah yang normal bagi tubuh. Pada bebereapa kasus MDS bisa berkembang menjadi kanker darah, umumnya pada jeis penyakit kanker darah mielositik akut.

Itulah beberapa tanda – tanda gejala yang timbul jika terkena penyakit kanker darah yang bisa kita ketahui sejak dini. Orang yang menderita leukemia mungkin saja tidak menyadari adanya kanker darah dalam tubuhnya.

Tanda-Tanda Gejala Penyakit Kanker Darah Leukemia | sehatgratis | 4.5