Faktor Penyebab Kanker paru-paru Yang Perlu Di Waspadai

Kanker paru-paru merupakan salah satu jenis penyakit kanker yang terjadi pada organ paru-paru. Penyebaran sel kanker ini tidak ditandai dengan gejala yang jelas. Selain itu, kanker paru-paru ini juga banyak menyerang orang yang berusia dewasa.

Faktor penyebab kanker paru-paru yang paling utama dan umum adalah karena kebiasaan merokok. Hal ini tentunya sudah menjadi suatu hal yang wajar, bahwa aktivitas merokok merupakan salah satu aktivitas yang sangat buruk untuk kesehatan. Rokok tak hanya mengakibatkan dada terasa sakit, namun juga dapat memicu kehadiran kanker.
faktor penyebab kanker paru paru

Secara medis, kandungan nikotin yang ada dalam tembakau merupakan bahan dasar rokok yang bisa menyebabkan kerusakan pada organ paru-paru. Selain karena kebiasaan merokok, hal apa saja yang dapat menyebabkan penyakit kanker paru-paru? berikut informasinya.

Penyebab Kanker Paru-Paru

Riwayat keluarga

penyebab kanker paru paru
Untuk kamu yang memiliki riwayat keluarga dengan masalah kanker paru-paru, hal ini bisa saja dikatakan bahwa keturunannya juga memiliki risiko yang lebih rentan mengidap kanker paru-paru. Hal ini dikarenakan gen yang diturunkan akan sama.

Menghirup udara yang tercemar

penyebab penyakit kanker paru paru
Maksud udara yang tercemar ini bisa dikatakan karena asap rokok. Jadi selain perokok aktif yang memiliki risiko penyakit kanker paru-paru, para perokok pasif pun juga memiliki risiko terkena dampak dari asap rokok tersebut. Walaupun memang sebenarnya perokok pasif yang lebih risiko terkena kanker paru-paru.

Polusi udara

faktor pemicu yang menyebabkan kanker paru paru
Tidak hanya itu saja, polusi udara ataupun kualitas udara yang buruk juga masuk kedalam salah satu faktor pemicu munculnya kanker paru-paru.

Minuman arsenik

Orang yang seringkali mengkonsumsi minuman yang memiliki kandungan arsenik juga mudah terkena kanker, salah satunya kanker paru-paru. Arsenik sendiri merupakan kandungan tembaga dan senyawa logam yang larut kedalam air terutama dalam air tanah.

Terapi radiasi

Orang yang mengalami penyakit kanker dan melakukan pengobatan dengan terapi radiasi biasanya memiliki risiko terkena kanker paru-paru. Hal ini dikarenakan paru-paru tidak dapat menekan radiasi terlalu kuat. Akibatnya membuat fungsi dari paru-paru menjadi terganggu dan muncul sel abnormal dalam paru-paru.

Selain itu ada pula faktor lainnya seperti faktor radiasi non medis, pajanan radiasi gas radon. Untuk mereka yang terkena radiasi terlalu lama dan terus-menerus dalam kurun waktu lama memiliki risiko terkena kanker paru-paru lebih tinggi daripada mereka yang tidak terkena radiasi.

Itulah beberapa faktor utama penyebab terjadinya kanker paru-paru yang perlu kita waspadai. Jadi mulai dari sekarang cobalah untuk menerapkan pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit ganas ini dan juga penyakit berbahaya lainnya.

/* */