Penyebab Bau Mulut Dan Cara Mengatasinya

Punya problem dengan mulut bau? Siapapun bisa mengalami masalah bau mulut yang tidak sedap. Masalah yang satu ini terkadang muncul begitu saja dan wajar. Namun, perlu diketahui masalah mulut bau memiliki tingkat tertentu, dan masalah napas bau busuk ini ternyata bisa menjadi kronis akut dan parah.

Salah satu cara untuk mengetahui bagaimana mengatasi masalah napas yang tidak sedap adalah dengan mencari tau apa penyebab bau mulut itu sendiri. Terkadang kebiasaan sepele yang kita lakukan bisa menjadi faktor pemicu timbulnya napas yang berbau busuk tak sedap ini. Berikut ini beberapa hal yang dapat menyebabkan napas bau.
penyebab bau mulut

Penyebab Mulut Bau Busuk Napas Tak Sedap & Cara Mengatasi

Kebersihan gigi kurang terjaga
Kondisi gigi yang tidak bersih sering menyebabkan masalah bau mulut yang tidak sedap. Hal ini dikarenakan sisa makanan yang masih menempel pada gigi menjadi salah satu hal yang menyebabkan bakteri menjadi berkembang. Biasanya bakteri menyukai tempat yang basah, lembab, dan hangat. Oleh karenanya, gigi menjadi salah satu tempat berkembang biak bakteri jika kebersihannya diabaikan.

Bakteri inilah yang akan menimbulkan aroma napas yang tak sedap dan berbau. Beberapa bakteri tersebut menghasilkan senyawa sulfur yang menimbulkan bau seperti telur busuk yang pekat. Cara mengatasinya tentunya dengan menyikat gigi dan berkumur minimal 2 kali sehari. Selain itu jangan lupa untuk membersihkan lidah. Pasalnya lidah juga dapat jadi penyebab bau mulut yang busuk. Bagian ini seringkali luput dari perhatian kita.

Tubuh kurang asupan air
Kekurangan cairan dalam tubuh atau yang biasa disebut dehidrasi juga menjadi salah satu biang keladi kenapa bisa napas bau. Hal ini dikarenakan fungsi saliva dalam mulut menurun. Fungsi saliva atau kelenjar air ludah ini adalah untuk membersihkan bakteri dalam mulut dan menjaga sel-sel dalam mulut tetap hidup. Sel-sel mati inliah yang bisa menyebabkan bau mulut. Jadi ada baiknya kita minum air dalam jumlah yang cukup, minimal 8 gelas air per harinya untuk mengatasinya.

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan penyebab bau mulut
Tidak semua diantara kita tahu bahwa makanan tertentu dapat membuat mulut menjadi bau. Salah satu bahan makanan yang menjadi sumber penyebab bau mulut adalah bawang. Namun selain itu, ada pula produk-produk makanan berbahan susu juga menyebabkan munculnya aroma seperti sulfur. Tidak hanya sampai disitu saja, berbagai macam makanan berkarbohidrat tinggi juga memiliki potensi yang dapat menyebabkan bakteri berkembang karena kandungan gulanya yang tinggi. Masalah bau mulut ini bisa kita atasi dengan mengkonsumsi makanan berserat untuk mengimbangi dan mengurangi masalah bau mulut akibat makanan-makanan tadi.
penyebab bau mulut dan obatnya

Infeksi Sinus atau Amandel
Penyakit infeksi bisa terjadi pada sinus dan hal ini menjadi salah satu yang memicu timbulnya bau mulut. Salah satu cara mengatasi infeksi tersebut adalah dengan antibiotik, sesuai dengan anjuran dokter. Selain itu, cara paling mudah dan ampuh adalah dengan berkumur dengan air yang memiliki kadar garam tinggi. hal ini memiliki fungsi baik yang dapat membunuh bakteri penyebab napas bau.

Kadar asam lambung tinggi
Orang yang memiliki asam lambung tinggi terkadang seringkali bersendawa dan diikuti dengan keluarnya aroma yang tidak sedap. Munculnya aroma tersebut mirip seperti aroma asam cuka. Pada kondisi yang lebih buruk, asam lambung juga dapat mencapai sinus dan bagian dalam telinga. Obat untuk mengatasi agar kadar asam tak berlebih bisa dilakukan dengan menghindari beberapa makanan seperti daging lemak, produk yang mengandung kafein, hindari buah jeruk, nanas, lemon. Dan sebaliknya perbanyak makanan seperti sayuran hijau, buah yang menenangkan lambung (melon, pir, apel, pisang, anggur, dll), susu rendah lemak. Dengan turunnya asam lambung diharapkan bau mulut yang keluar tak semakin parah.

Bagi yang memiliki gigi yang berlubang, maka disarankan untuk ditambal jika memungkinkan. Namun, jika lubang gigi tak ditambal karena sudah terlampau besar, maka solusinya harus dicabut. Jika tak dicabut, maka masalah ini akan selalu ada. Gigi berlobang ini jadi salah satu penyebab utama mengapa bau mulut tak kunjung hilang.

Penyebab Bau Mulut Dan Cara Mengatasinya | sehatgratis | 4.5