Faktor Penyebab Sakit Batuk Berdahak Paling Umum

Masalah terjadinya batuk berdahak tentunya perlu diketahui dan diwaspadai, hal ini mengingat batuk berdahak adalah batuk yang menyiksa. Kerongkongan seperti terasa gatal. Tak jarang, timbulnya batuk membuat dada menjadi terasa sakit dan mengakibatkan saluran pernapasan menjadi sulit. Apalagi jika dialami oleh bayi dan anak-anak. Pada orang tua pun problem ini sangat mengganggu, terlebih bila berkepanjangan. Dahak yang dikeluarkan biasanya menjadi berwarna kehijau-hijauan jika tak kunjung sembuh.

Sakit batuk berdahak menjadi salah satu penyakit batuk yang dapat membuat tenggorokan seperti ada lemnya dan menyebabkan suara menjadi parau. Ini dikarenakan letak pita suara yang dekat dengan tenggorokan yang memiliki banyak dahak. Masalah sering batuk berdahak juga akan lebih menyakitkan ketika malam hari, pasalnya malam hari menjadi waktu frekuensi batuk yang semakin sering. Dahak yang menempel di tenggorokan menjadi sulit untuk dikeluarkan jika masih kental dan encer. Lantas, apa yang menyebabkan timbulnya dahak ketika batuk? Berikut ini ada beberapa informasi mengenai penyebab batuk berdahak yang perlu diketahui sejak dini. Jangan lupa liat juga cara tradisional mengobati batuk berdahak.
penyebab sering terjadinya batuk berdahak

Faktor Penyebab Batuk Berdahak Yang Paling Umum

Alergi
Salah satu penyebab timbulnya batuk berdahak bisa disebabkan oleh alergi, terutama alergi dingin. Alergi dingin bisa saja menyebabkan seseorang mengalami flu dan batuk ketika bersamaan terutama ketika pagi hari dan malam hari. Hal ini dikarenakan cuaca ketika pagi dan malam hari yang sangat dingin sehingga memiliki risiko menyebabkan flu dan batuk. Untuk kamu yang memiliki alergi dingin dan seringkali mengalami flu dan batuk, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu untuk mengatasi alergi dingin.

Terkena debu
Apa debu juga dapat menyebabkan batuk berdahak? Ya, hal ini dapat langsung membuat seseorang mengalami batuk berdahak terutana pada orang yang alergi dengan debu. Debu dapat langsung masuk kedalam saluran pernafasan dan menjadi penyebab sakit batuk berdahak.

Asap kimia
Faktor penyebab batuk berdahak yang paling umum lainnya bisa dikarenakan asap kimia. Asap kimia yang masuk kedalam paru – paru melalui saluran pernafasan dapat menyebabkan kinerja paru – paru menjadi terganggu. Hal ini dikarenakan kantung paru – paru yang seharusnya berisi udara bersih, justru terisi dengan asap yang membuat seseorang mengalami batuk berdahak.

Pneumonia
Salah satu penyebab sering batuk berdahak yang terjadi pada orang dewasa dan khususnya pada bayi adalah disebabkan oleh pneumonia. Pneumonia sendiri merupakan suatu peradangan yang terjadi pada salah satu paru atau pun kedua paru – paru. Orang yang mengalami pneumonia ini dapat mengalami masalah batuk berdahak dan sesak nafas.

Virus
Bakteri penyebab batuk berdahak yang paling umum terjadi pada kebanyakan orang adalah karena virus. Virus dapat menyebabkan seseorang mengalami batuk dan disertai dengan pilek. Dahak yang terdapat di tenggorokan biasanya berupa lendir yang berasal dari dalam hidung.

Asam lambung tinggi
Hal yang menjadi penyebab terjadinya batuk berdahak lainnya adalah karena naiknya asam lambung yang memicu terjadinya refluks asam. Refluks asam inilah berupa naiknya asam lambung ke kerongkongan dan merangsang munculnya batuk berdahak. Refluks asam ini biasanya terjadi ketika pagi hari dan malam hari. Agar asam lambung tidak berlebih, perhatikan juga makanan yang dapat memicu meningkatnya asam lambung.

Faktor Penyebab Sakit Batuk Berdahak Paling Umum | sehatgratis | 4.5