Pencegahan Kanker Serviks Secara Alami

2017 - Tips Sehat

Penyakit kanker serviks merupakan salah satu penyakit yang menakutkan bagi kaum hawa. Kanker rahim juga menjadi penyakit pembunuh wanita nomor tiga tertinggi. Kemunculan jenis kanker ini biasanya menyerang pada wanita ditengah masa produktifnya, yaitu ketika berusia 35-50 tahun. Dan risiko ini akan lebih tinggi pada wanita yang sudah pernah melakukan hubungan saat dibawah usia 20 tahun. Namun, penyakit kanker serviks dapat dicegah sejak awal.

Penyebab kanker serviks sendiri adalah HPV (Human Papilloma Virus), ini merupakan salah satu virus yang sangat mudah menyebar dan menular. Daripada harus menghabiskan banyak dana untuk mengobatinya, lebih baik untuk mencegahnya. Sebenarnya ada cara pencegahan kanker serviks secara alami melalui pola makan yang baik dan pemilihan jenis makanan yang bersifat tidak karsinogenik. Berikut ini tips beberapa makanan alami yang dapat menekan timbulnya kanker serviks yang cukup efektif.
Cara alami pencegahan kanker serviks

Cara Mencegah Kanker Serviks Secara Alami

Kubis
Kubis merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat mudah ditemukan. Berbagai macam kandungan nutrisi baiknya seperti vitamin A, C, E dan vitamin K. Selain itu, kubis juga menjadi salah satu sayuran yang kaya kandungan asam folat, belerang, zat besi, kalsium, dan magnesium.

Salah satu kandungan yang paling penting dalam kubis adalah kandungan lupeol, sinigrin, I3C, sulforaphae dan DIM. Senyawa tersebut merupakan zat yang mampu menghambat perkembangan sel kanker secara efektif. Inilah yang membuat kubis dapat digunakan untuk pencegahan penyakit kanker serviks / kanker rahim.

Brokoli
Satu-satunya sayuran yang memiliki kandungan kalisum setara dengan satu gelas susu. Tidak hanya itu saja, sayur brokoli juga sangat kaya kandungan nutrisi seperti protein, asam lemak omega 3, lemak, karbohidraat, kalsium, potassium, zat besi, fosfor dan beberapa kandungan baik lainnya dalam brokoli. Salah satu kandungan yang sangat penting dalam brokoli adalah folat atau vitamin B9 yang dapat digunakan sebagai cara alami mencegah penyakit kanker serviks.

Fungsi dari kandungan zat-zat baik tersebut akan mampu mengurangi dan menekan tingkat pertumbuhan sel kanker serviks. Bahkan juga terdapat zat antioksidan yang telah dikenal sebagai salah satu senyawa anti kanker. Selain itu, kandungan glucoraphanin dan indole 3 carbinal dalam brokoli dapat bekerja aktif untuk mencegah kanker serviks, payudara dan prostat.

Buah alpukat
Salah satu buah yang kaya kandungan nutrisi didalamnya adalah pada buah alpukat. Namun sayangnya kebanyakan dari para wanita justru menghindarinya. Kandungan lemak dalam buah alpukat membuat mereka merasa khawatir jika tubuh menjadi gemuk. Sebetulnya, buah alpukat mengandung lemak sehat yang baik untuk tubuh.

Tidak hanya itu saja, buah alpukat juga memiliki kandungan yang cukup bermanfaat untuk mengurangi risiko kanker sebab ada kandungan glutation yang memiliki fungsi untuk melawan radikal bebas. Selain itu juga kaya kandungan asam oleat yang dapat melindungi tubuh dari risiko kanker. Jadi buah alpukat sangat baik sebagai pencegahan kanker serviks secara alami. Nah, bagi para perempuan, ada baiknya selalu rutin mengkonsumsi makanan diatas. Selain sehat, juga bermanfaat untuk mencegah penyakit ini.

Pencegahan Kanker Serviks Secara Alami | sehatgratis | 4.5