Ciri-Ciri Kanker Serviks Yang Perlu Diwaspadai Sejak Dini

Mengenali ciri-ciri kanker serviks sejak dini merupakan salah satu langkah pertama pencegahan lebih lanjut. Hal ini dikarenakan, cara pencegahan kanker rahim di awal tentunya dengan selalu menjaga kesehatan tubuh terutama di area kewanitaan. Ini adalah penyakit kanker yang perlu diwaspadai oleh wanita.

Kanker serviks merupakan salah satu jenis kanker penyebab kematian tertinggi pada wanita. Penyakit ini menyerang bagian serviks atau mulut leher rahim. Untuk mengetahui ciri-ciri kanker serviks stadium awal, berikut ini beberapa cara mendeteksi gejalanya.
cara mendeteksi gejala dan ciri kanker serviks atau rahim sejak dini pada stadium awal

Ciri–Ciri Penyakit Kanker Serviks Sejak Dini

Jika kita sudah mengetahui berbagai macam gejala kanker serviks stadium awal, tentunya akan lebih mudah dalam menangani penyakit kanker serviks dan mencegah agar tidak menjadi lebih parah lagi.

Tanda adanya kanker serviks yang pertama yang mungkin saja terjadi adalah munculnya pendarahan yang tidak normal pada organ kewanitaan. Kondisi seperti ini bisa menjadi salah satu cara deteksi kanker rahim yang paling umum dialami oleh wanita. kondisi seperti ini, tentunya kita harus dapat membedakan mana pendarahan karena menstruasi, mana pendarahan karena hubungan suami istri yang tidak normal. Apabila kita sudah merasakan bahwa pendarahan yang terjadi sudah tidak wajar, segeralah untuk memeriksakan diri ke dokter.
gejala dan ciri kanker serviks sejak dini

Pertanda timbulnya kanker rahim selanjutnya adalah biasanya para penderita akan merasakan rasa nyeri yang cukup mengganggu pada bagian panggul. Jika kita merasakan nyeri tersebut tanpa ada alasan yang jelas, hal ini bisa saja menjadi salah satu ciri-ciri penyakit kanker serviks. Gejala keputihan mungkin memang sudah seringkali dialami oleh kebanyakan para wanita. Namun pada kondisi keputihan akan berbeda pada gejala kanker serviks. Jika kita mengalami keputihan, sebaiknya perlu mewaspadainya.

Selain itu beberapa gejala kanker serviks lainnya adalah frekuensi buang air kecil yang meningkat dibandingkan kondisi biasanya. Untuk kita yang sedang tidak dalam masa hamil dan tiba-tiba mengalami gejala yang satu ini, sebisa mungkin kita harus mewaspadai dan melakukan tindak lanjut yang lebih agar tidak terjadi suatu penyakit yang parah pada nantinya. Cobalah untuk segera memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan apa yang terjadi pada tubuh kita.
gejala dan ciri kanker rahim sejak dini

Tidak hanya itu saja, untuk wanita yang telah bersuami, kemunculan kanker serviks bisa dirasakan ketika melakukan hubungan. Munculnya rasa nyeri ketika melakukan hubungan menjadi sinyal kemungkinan timbulnya penyakit ini. Jika munculnya rasa sakit tersebut sangat tidak wajar dan mengganggu, kita harus bisa mewaspadai dan segera untuk melakukan penanganan lebih lanjut.

Itulah beberapa cara mengenali ciri-ciri kanker serviks / rahim yang perlu diwaspadai. Dengan begitu, kita dapat mendeteksi keberadaan kanker serviks ini sejak dini. Segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter untuk memastikannya.