Cara Menyembuhkan Penyakit Dada Cekung

Cara Menyembuhkan Penyakit Dada Cekung – Gangguan dada cekung atau pectus excavatum merupakan salah satu masalah kesehatan yang diakibatkan karena cacat dinding dada dimana tulang iga dan sternum tumbuh tidak normal, sehingga akan membuat dada akan menjorok ke dalam. Penyakit ini termasuk penyakit turunan atau genetis dari orang tua. Jadi, secara umum sudah dialami ketika masih bayi.

Biasanya ketika berada dalam rahim akan terjadi peningkatan tekanan traksi pada tulang dada karena kelainan diagfragma telah menjadi satu kesatuan sebagai mekanisme-mekanisme yang khusus. Dengan demikian akan membuat pectus excavatum akan mengembangkan dan menurunkan pernafasan diagfragma. Selain itu, rata-rata penyakit dada cekung ini ada sejak lahir namun akan bertambah menjorok ke dalam ketika telah beranjak besar.
cara mengobati dada cekung pectus excavatum

Kondisi dada cekung yang semakin menjorok seiring dengan bertambahnya umur tentu saja akan membuat seseorang yang mempunyai penyakit Pectus Excavatum ini akan mengalami beberapa gejala. Diantaranya adalah kemungkinan adanya mitral valve prolapse serta base kapasitas paru-paru menurun. Dengan gejala yang membahayakan tersebut usahakan Kita untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Selain itu, jalan satu-satunya untuk mengobati dada cekung ini yaitu dengan melakukan operasi. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pengobatan Pectus Excavatum ini dengan aman, selengkapnya simak ulasan berikut ini!

Cara Menyembuhkan Dada Cekung

Di bawah ini ada beberapa cara menyembuhkan pectus excavatum yang wajib kita ketahui. Adapun beberapa cara tersebut diantaranya:

Operasi Invasif
Cara mengobati penyakit pectus excavatum yang pertama dengan melakukan operasi invasif. Operasi ini biasanya dengan melakukan posedur dengan membuat sayatan sepanjang tulang rawan dada yang akan dihapus dan strenum terpisah. Kemudian akan memasukan bar kecil yang dimasukkan di bawah sternum untuk menahan posisi yang diinginkan. Setelah operasi telah selesai, biasanya pemulihan untuk tulang rawan tumbuh kembali dengan jangka waktu sekitar 6 bulan.

Setelah melebihi hampir 6 bulan, Kita juga harus melakukan operasi lagi untuk mengeluarkan bar kecil sebagai media untuk penumbuhan tulang rawan tersebut. Dengan melakukan operasi ini sedikit membantu pembentukkan tulang dada yang menjorok ke dalam. Selain itu dengan menggunakan operasi invasif bisa dilakukan untuk pasien yang memiliki kelainan tulang belakang melengkung.
cara menyembuhkan dada cekung

Melibatkan Teknik Invasif Dengan Non Invasif
cara mengatasi penyakit dada cekung yang selanjutnya dengan melibatkan teknik invasif dengan non invasif. Setalah mengetahui operasi teknik invasif, kita juga harus melakukan metode non invasif. Teknik non invasif yaitu dengan melakukan serangkain pemeriksaan sebelum operasi dilakukan seperti CT scan, tes fungsi paru, dan kardiologi ujian. Setelah melakukan serangakain tes tersebut, kita harus melakukan indeks haller. Pasien haller sendiri dihitung dengan memperoleh rasio dan diameter jarak horisontal dari bagian dalam tulang rusuk dan diameter jarak terpendek antara tulang dan tulang dada.

Dengan melakukan pengukuran tersebut bertujuan untuk mengetahui apakah ketika akan dilakukan operasi tidak berakibat pada paru-paru dan jantung. Setelah melakukan serangkain tersebut, kita sudah bisa melakukan opearasi dengan aman serta sesuai dengan prosedur dokter. Selain itu, ketika akan melakukan operasi usahakan untuk menjaga kesehatan tubuh akan tetap fit atau dalam keadaaan sehat.

Nah, itulah beberapa cara untuk menyembuhkan penyakit dada cekung yang dilakukan melalui operasi yang bisa kita lakukan dengan memeriksakan diri ke dokter, dan melakukan serangkaian operasi seperti yang telah dijelaskan di atas. Namun demikian, usahakan kita untuk segera mengobati penyakit genetik pectus excavatum dada cekung ke dalam ini. Hal ini dikarenakan sangat membahayakan untuk kesehatan dan juga membahayakan untuk kesehatan jantung.

Cara Menyembuhkan Penyakit Dada Cekung | sehatgratis | 4.5