Penyebab Syaraf Kejepit

Saturday, May 6th, 2017 - Penyebab Penyakit

Penyebab Urat Syaraf Kejepit

Istilah ‘syaraf kejepit’ pasti sudah tidak asing di telinga. Penyakit syaraf kejepit adalah bahasa mudah dari Herniated Nucleus Pulposus atau HNP. Dalam dunia medis, HNP merupakan salah satu gangguan syaraf dimana saraf tertekan oleh jaringan disekitarnya. Saraf kejepit disebabkan karena adanya penonjolan yang menyebabkan syaraf tertekan. Penonjolan ini pun menimbulkan rasa sakit pada penderitanya.

Jika berbicara mengenai syaraf, tentunya tak akan jauh-jauh dari sistem gerak manusia. Syaraf terjepit yang dibiarkan dan tidak segera ditangani bisa makin parah hingga membuat anggota gerak tubuh tak bisa bekerja dengan maksimal. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui penyebab, ciri-ciri, dan gejala syaraf kejepit agar tidak terlambat menanganinya.

Penyebab syaraf kejepit di pinggang leher punggung

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan syaraf kejepit di pinggang leher punggung tangan dan bagian lainnya

Penyebab Syaraf Kejepit di Leher Pinggang Punggung

Pada umumnya, syaraf kejepit disebabkan oleh bantalan tulang belakang yang menonjolkan keluar. Hal itu membuat syaraf disekitarnya terhimpit oleh tulang. Bantalan tulang pada tubuh manusia memiliki fungsi sebagai peredam goncangan sekaligus peredam bunyi. Tanpa bantalan tulang, tulang akan bergesekan dan bunyi berkelotakan ketika digerakkan. Jika terdapat tekanan berlebihan hingga tulang tidak kuat, seperti terjadi benturan atau kecelakaan, bantalan tulang bisa mencuat keluar hingga menekan syaraf diluarnya. Selain kecelakaan, posisi yang salah ketika mengangkat barang juga bisa menjadi penyebab syaraf kejepit. Duduk terlalu lama juga bisa menyebabkan syaraf kejepit ketika tubuh diangkat sementara otot dan bantalan tulang masih kaku lantaran lama berada di posisi yang sama.

Tak hanya tulang, otot juga bisa menjadi faktor pemicu syaraf kejepit. Hal ini kerap menimpa atlet atau orang yang berolahraga. Ketika cedera, biasanya selubung tendon di dalam ligament akan membengkak. Nyeri di tangan juga termasuk salah satu gejala syaraf kejepit. Jadi, jika mengalami cedera ketika melakukan latihan, segera bawa ke ahlinya agar tahu cara menanganinya.

Sakit yang diakibatkan oleh syaraf kejepit bisa menyerang bagian tubuh mana saja. Yang paling umum adalah di bagian pinggang dan leher. Untuk bagian leher, keluhan yang paling sering terdengar adalah gara-gara posisi tidur yang salah. Ada pula yang disebabkan karena menoleh pada waktu yang tidak tepat. Kedua penyebab itu memang ada kaitannya dengan kekakuan syaraf karena terlalu lama dalam posisi yang sama.

Pemicu yang menyebabkan syaraf kejepit

Salah satu pemicu urat saraf kejepit juga bisa disebabkan oleh posisi tidur yang salah

Hal lain yang menjadi penyebab syaraf kejepit adalah usia, bentuk tubuh, dan penyakit. Orang-orang lanjut usia memiliki resiko syaraf kejepit lebih besar daripada remaja dan anak-anak. Semakin bertambahnya usia, tulang manusia juga akan makin rapuh. Bagi orang lanjut usia yang terkena osteoarthritis harus waspada. Hindari mengangkat beban dan bekerja terlalu berat agar tidak terjadi himpitan pada syaraf.

Dari faktor penyakit, bobot tubuh yang mengalami obesitas bisa menjadi pemicu syaraf kejepit. Biasanya, tubuh yang membengkak oleh kenaikan berat badan akan lebih mudah terserang syaraf kejepit. Selain penderita obesitas, ibu hamil juga rawan terkena syaraf kejepit lantaran tubuh membengkak selama masa kehamilan. Tulang yang biasanya hanya menyangga tubuh berbobot sedikit harus bekerja ekstra ketika tubuh mengalami kenaikan berat badan yang signifikan. Hal itu bisa memicu bantalan tulang keluar dan menjepit syaraf.

Penyakit syaraf kejepit tidak hanya menyerang bagian punggung atau pinggang saja. bagian tubuh mana saja dipenuhi dengan syaraf sehingga syaraf kejepit bisa terjadi di bagian tubuh mana saja. Kebanyakan syaraf kejepit menyerang leher, punggung, pinggang, dan tangan. tetapi tidak menutup kemungkinan bagian yang lain juga terserang syaraf kejepit, terutama jika penyebabnya adalah kecelakaan. Dengan mengetahui berbagai hal apa saja yang menyebabkan terjadinya syaraf kejepit, maka kita bisa lebih waspada lagi agar penyakit ini tidak mudah menyerang kita.

Penyebab Syaraf Kejepit | sehatgratis | 4.5