Apa Saja Penyebab Sakit Gigi?

Tuesday, April 4th, 2017 - Penyebab Penyakit

Faktor Yang Menyebabkan Sakit Gigi

Kita pernah mendengar pepatah yang mengatakan lebih baik sakit hati daripada sakit gigi. Mungkin pepatah itu memang benar adanya. Sakit gigi memang sangat tersiksa rasanya. Bukan hanya gigi saja yang terasa sakit, terkadang menjalar hingga bagian kepala pun terasa sakit ikutan cenut-cenut. Makan tak berselera, minum tak enak. Apalagi jika ditambah suasana bising disekitar kita. Huh, benar-benar malah membuat gigi semakin sakit. Emosi pun gampang tersulut. Apalagi jika berkepanjangan dan terus menerus terjadi.

Penyakit sakit gigi kerap dialami oleh banyak orang, tak peduli laki-laki maupun perempuan, orang tua maupun anak-anak. Apa saja sih penyebab gigi sakit? Orang beranggapan bahwa jarang menyikat gigi serta terlalu sering mengkonsumsi makanan ataupun minuman manis adalah pemicu sakit gigi. Namun tahukah kita bahwa penyebab sakit gigi bukan hanya dua hal itu saja? Masih ada beberapa faktor penyebab lainnya. Apa sajakah yang bisa menyebabkan gigi sakit itu?
Penyebab gigi sakit

Penyebab Gigi Sakit

Terkena Penyakit Sinusitis
Penyakit sinusitis merupakan penyakit yang menyerang rongga hidung. Sinusitis merupakan sejenis penyakit peradangan pada hidung. Tahukah kita jika kita mengalami sakit gigi itu merupakan salah satu gejala dari penyakit sinusitis. Namun tidak semua sakit gigi akan merujuk pada penyakit sinusitis. Jadi untuk memastikannya maka segera di periksakan ke dokter gigi.

Makanan Manis
Mungkin sudah bukan rahasia lagi jika makanan manis merupakan penyebab utama sakit gigi. Hal ini karena makanan atau minuman manis dapat menyebabkan bakteri pemicu sakit gigi menjadi betah untuk menetap di gigi kita. Terlebih jika kita tak lekas meyikat gigi kita setelah makan atau minum yang manis-manis. Maka jangan heran jika kita akan sering mengalami sakit gigi.

Gigi Berlubang
Gigi berlubang juga menjadi penyebab sakit gigi. Jarang menggosok gigi adalah penyebab utama gigi berlubang. Gigi berlubang menyebabkan gigi semakin sensiif dan sakit. Disarankan jika nada mempunyai gigi berlubang segera tambal gigi kita atau sebaiknya dicabut saja. Karena jika dibiarkan maka akan terus menyebabkan sakit gigi yang bisa kambuh setiap saat.

Bakteri penyebab sakit gigi

makanan manis dapat medorong terjadinya gigi berlubang yang dapat menjadi penyebab sakit gigi

Jarang Merawat dan Membersihkan Gigi
Jangan heran jika banyak iklan pasta gigi di Televisi yang selalu mengingatkan pentingnya menyikat gigi pada malam hari sebelum tidur. Membersihkan gigi sebelum tidur adalah kunci utama untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Orang yang malas membersihkan giginya sebelum tidur akan rentan mengalami gigi rusak dan sakit. Hal ini karena sisa makanan akan menumpuk pada gigi yang akhirnya akan menyebabkan bakteri penyebab sakit gigi. Jadi jika kita tak ingin sakit gigi maka rajinlah menggosok gigi kita minimal dua kali sehari ya.

Susunan Gigi Yang Tidak rata
Susunan gigi yang tak rata ternyata juga dapat menyebabkan sakit gigi. Gigi yang tak rata jika sedang menguyah makanan akan mengalami tekanan yang tak rata. Nah hal inilah yang akan menyebabkan peradangan pada gigi. Sehingga dapat menyebabkan sakit gigi.

Perawatan Ortodontik
Perawatan Ortodontik merupakan perawatan gigi dengan menggunakan kawat gigi. Pada saat awal pemasangan gigi maka jangan kaget jika kita merasakan sakit pada gigi kita. Hal ini wajar saja kok. Karena gigi kita sedang mengalami sedikit penekanan akibat kawat yang diketatkan dengan gigi kita.

Penyebab sakit gigi berlubang dan terus menerus

penggunaan kawat gigi juga bisa menyebabkan gigi sakit karena tekanan pada gigi oleh kawat yang dipasang

Tumbuh Geraham
Timbuhnya gigi geraham atau gigi bungsu memang dapat menyebabkan nyeri pada gigi. Sesuai julukannya yakni gigi bungsu yang berarti terakhir. Gigi geraham akan tumbuh terakhir setelah gigi lainnya tumbuh. Karena umbuh terakhir maka hampir tak ada tempat lagi bagi gigi geraham untuk tumbuh. Sehingga akan menekan gigi yang ada didekatnya. Akibat penekanan itulah timbullah rasa nyeri pada gigi.

Nah, karena tumbuh di tempat yang terpencil alias sulit dijangkau, maka gigi geraham menjadi sulit untuk dibersihkan. Sehingga menjadi tempat yang nyaman untuk bakteri untuk berkembang biak. Jadi kita harus sering-sering membersihkan gigi kita atau kalau perlu berkumur dengan menggunakan obat kumur untuk membuat gigi lebih bersih. Agar kita terhindar dari yang namanya sakit gigi yang menyakitkan.

Faktor penyebab sakit gigi diatas yang perlu kita waspadai sebagai tindakan pencegahan. Menjaga kebersihan gigi adalah kewajiban yang harus kita lakukan setiap hari. Karena jika kita tidak melakukannya secara teratur, maka jangan kaget kalau kita akan sering mengalami sakit gigi. Disarankan agar kita harus menyikat gigi minimal dua kali sehari, pagi dan malam sebelum tidur.

Apa Saja Penyebab Sakit Gigi? | sehatgratis | 4.5