Obat Herbal Syaraf Kejepit

Wednesday, May 10th, 2017 - Obat Tradisional

Obat Herbal Untuk Syaraf Kejepit

Syaraf kejepit adalah kondisi dimana bantalan tulang menonjol keluar sehingga menjepit syaraf yang ada disekitarnya. Penyebab syaraf kejepit bisa bermacam-macam, mulai dari faktor usia, faktor keturunan, kecelakaan, dan juga cedera saat olahraga. Tetapi, tidak menutup kemungkinan pula syaraf kejepit disebabkan oleh gerakan tubuh yang kurang pas. Tubuh yang terlalu lama berada dalam posisi yang sama, seperti duduk berjam-jam, akan membuat otot tegang dan syaraf bisa terjepit saat gerakan tubuh tidak pas ketika meregangkan otot atau ketika mengangkat benda berat.

Masalah saraf yang kejepit tidak hanya menyerang bagian pinggang saja, namun juga menyerang leher, lengan, dan bahu. jika tidak cepat ditangani, saraf terjepit bisa membuat sistem gerak tubuh merosot. Gejala awal syaraf kejepit diantaranya rasa nyeri pada salah satu bagian tubuh, lama-lama akan berubah menjadi sensasi terbakar. Ada pula yang merasa kesemutan dan sulit menggerakkan bagian tubuhyang berhubungan dengan syaraf yang terjepit. Ketika sudah mendapati gejala semacam itu, sebaiknya segera berikan pengobatan agar syaraf kejepit tidak sampai parah hingga menimbulkan kelumpuhan.
Obat herbal untuk syaraf kejepit

Pengobatan syaraf kejepit juga bermacam-macam. Banyak yang memilih untuk mengobatinya secara medis seperti mendapat suntikan di tulang atau meminum obat-obatan. Sayangnya, dosis obat-obatan akan semakin tinggi seiring kondisi syaraf kejepit yang makin parah. Selain menggunakan obat dan suntikan, pijat juga menjadi alternatif lain bagi penderita syaraf kejepit. Pijat pada tukang pijat yang ahli bisa membantu memulihkan syaraf dan otot. Tujuan dari pemijatan itu adalah untuk melemaskan kembali syaraf dan otot disekitarnya.

Metode pengobatan diatas tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Apabila syaraf kejepit bisa dideteksi sejak awal, alangkah baiknya untuk tidak langsung menggunakan pengobatan medis. Ada banyak cara alami untuk menyembuhkan sakit syaraf kejepit. Cara alami ini tentu diambil dari tanaman dilingkungan sekitar, tak hanya mudah didapatkan, obat herbal syaraf kejepit juga bisa memberikan hasil efektif.

Obat Syaraf Kejepit Herbal

Bagi pecinta makanan pedas yang menderita syaraf terjepit, hobi memakan cabe rawit ternyata bisa menjadi pereda nyeri akibat syaraf yang tegang. Meskipun pedas, cabe rawit mengandung vitamin C, Vitamin A, dan vitamin B6. Ketiga vitamin tersebut sangat baik bagi kesehatan tubuh. Sedangkan untuk pemulihan syaraf, cabe rawit memiliki kandungan betakaroten dan mineral yang terdiri dari kalium dan mangan. Senyawa-senyawa tersebut bisa membantu mengobati syaraf kejepit. Jadi, tak ada salahnya untuk mengkonsumsi makanan pedas selama syaraf kejepit belum pulih. Tetapi, tentu harus tahu ukurannya, hindari mengkonsumsi makanan pedas mulai dari menu makan pagi, makan siang, hingga makan malam. Konsumsi makanan pedas atau cabe rawit secukupnya, terutama bagi yang tidak tahan pedas. Jika terlalu banyak justru bisa membuat pencernaan terganggu.

Tanaman obat herbal syaraf kejepit

cabe rawit, salah satu tanaman herbal obat syaraf kejepit alami

Selanjutnya, bagi penderita syaraf kejepit, mengkonsumsi kunyit dan jahe juga dapat membantu proses pemulihan syaraf. Kunyit memang sudah terkenal sebagai obat tradisional, seperti dibuat jamu. Ramuan atau jamu yang dibuat dari kunyit bisa menyembuhkan berbagai penyakit sekaligus menyehatkan tubuh. Rempah dapur yang satu ini juga berkhasiat sebagai obat herbal syaraf kejepit. Kunyit memiliki antioksidan, anti bakteri, dan antiinflamasi yang tinggi. Bahkan, kunyit bisa menghambat zat kimia yang bisa menyebabkan peradangan dalam tubuh. Bagi penderita syaraf kejepit, mengkonsumsi kunyit akan meredakan rasa sakit dan nyeri yang menyerang. Cara mengobati syaraf kejepit menggunakan bubuk kunyit adalah dengan mencampurkan satu sendok teh bubuk kunyit ke dalam satu gelas susu panas. Minumlah dua kali sehari agar rasa nyeri segera hilang dan syaraf kembali pulih.

Jahe juga bisa menjadi pendukung pengobatan herbal sakit syaraf kejepit. jahe memiliki kandungan-kandungan yang sama dengan kunyit, namun cara mengobati syaraf kejepit menggunakan jahe bukan dengan mengkonsumsinya. Sebagai rempah-rempah yang memiliki antiinflamasi yang sangat kuat, jahe bisa meringankan rasa nyeri yang disebabkan syaraf kejepit. Oleskan bubuk jahe pada bagian yang terkena syaraf kejepit untuk meringankan rasa sakitnya.

Kita juga bisa memanfaatkan buah mengkudu sebagai obat syaraf kejepit. Mengkudu memang menjadi favorit banyak orang yang ingin menyembuhkan berbagai penyakit. Buah yang satu ini kerap dijadikan bahan dasar obat-obatan karena memiliki berbagai macam nutrisi, zat hingga anti kanker. Mengkonsumsi mengkudu bisa membantu peredaran darah makin lancar sehingga syaraf tidak tegang dan tidak terjadi pembengkakan pada bagian tubuh yang syarafnya terjepit. Selain itu, mengkudu juga bisa meredakan rasa sakit dan menyehatkan tulang. Tulang yang sehat akan menjadi pencegah datangnya syaraf kejepit. Jadi, konsumsilah buah mengkudu jika ingin syaraf kejepit segera pulih dan tidak membatasi aktivitas sehari-hari.

Obat syaraf kejepit herbal

buah mengkudu juga ampuh dijadikan sebagai obat syaraf kejepit herbal

Beralih ke tanaman, ada beberapa tanaman yang bisa menjadi obat herbal yang ampuh dalam mengatasi syaraf kejepit. Tanaman bernama Arnica bisa menjadi pilihan. Tanaman yang masih sekeluarga dengan bunga matahari ini mampu mengurangi rasa nyeri yang disebabkan syaraf tegang. Gunakan daun arnica sebagai masker yang dioleskan ke bagian tubuh yang syarafnya terjepit. Tanaman lain yang juga cocok sebagai obat syaraf kejepit adalah tanaman bayeman atau biasa dikenal dengan anting-anting. Ambillah akar daun bayeman, lalu rebus dengan air secukupnya. Minumlah air rebusan akar bayeman tersebut sebagai obat menghilangkan nyeri akibat syaraf kejepit.

Tanaman, buah, serta rempah-rempah diatas adalah obat herbal syaraf kejepit yang sangat ampuh dalam memulihkan gangguan kesehatan saraf yang terjepit. Setelah kondisi pulih, sebaiknya selalu lakukan beberapa kebiasaan yang dapat mencegah timbulnya penyakit ini. Menjaga postur dan posisi tubuh ketika melakukan aktivitas sangatlah penting. Hindari duduk terlalu lama, apalagi dalam posisi membungkuk. Jangan lupa untuk selalu berdiri dan berjalan-jalan sedikit setiap satu jam, tujuannya tentu agar otot tidak tegang dan kaku. Jagalah berat badan serta pola makan sehari-hari karena obesitas dapat memicu syaraf kejepit. Yang terakhir, jagalah kesehatan dengan berolahraga secara rutin. Tak perlu olahraga berat yang membutuhkan waktu lama. Cukup luangkan waktu di Minggu pagi untuk berjalan-jalan, lari kecil, atau bersepeda. Jika memiliki waktu luang saat sore hari, isilah dengan olahraga seperti berenang atau senam agar otot lentur dan lemas. Olahraga ringan seperti itu bisa menghindarkan tubuh dari syaraf kejepit. keuntungan lain yang didapat tentunya tubuh menjadi sehat dan tulang makin kuat.

Obat Herbal Syaraf Kejepit | sehatgratis | 4.5