Ciri-Ciri Syaraf Kejepit dan Gejalanya

Saturday, May 20th, 2017 - Gejala Penyakit

Apa Gejala Syaraf Kejepit?

Ciri-ciri syaraf kejepit adalah rasa nyeri hingga menimbulkan sensasi terbakar dari bagian dalam tubuh, terutama di tempat syaraf. Bahkan, tidak menutup kemungkinan sistem gerak terasa mati rasa dan otot melemah. Memang tidak semua nyeri diasosiasikan dengan syaraf kejepit, tetapi ada baiknya untuk segera memeriksakannya ke dokter jika nyeri berkelanjutan.

Pemeriksaan untuk mendiagnosis gejala syaraf kejepit atau tidak memerlukan tes yang menyeluruh dengan bantuan elektromiograf yang dapat memeriksa serabut syaraf. Struktur tulang belakang juga akan diperiksa untuk menentukan ada tidaknya bantalan yang mencuat keluar. Tergantung pada bagian mana yang dikeluhkan, pemeriksaan tulang juga akan dilakukan menyeluruh seandainya nyeri yang dirasakan di sekitar leher. Pemeriksaan sekitar leher tentu memerlukan CT scan.

Ciri-ciri syaraf kejepit

secara umum tanda munculnya syaraf terjepit adalah adanya rasa nyeri di bagian tubuh tertentu seperti pinggang, leher, tulang ekor, kepala, dan sebagainya

Baca juga: Penyebab Syaraf Kejepit & Cara Mengobati Syaraf Kelepit

Ciri-Ciri Syaraf Kejepit

Ada banyak gejala syaraf kejepit yang menyerang bagian leher. Jika leher terasa kaku dalam waktu lama, lalu makin lama rasa nyeri makin bertambah, bisa dibilang hal itu adalah gejala awal syaraf leher terjepit. Munculnya perasaan nyeri ini akan makin melebar ke bawah hingga ke bahu hingga kepala sulit menoleh atau bahkan sulit digerakkan.

Jika tidak segera dilemaskan dengan pijatan, nyeri akan berubah menjadi mati rasa dan membuat lengan serta leher kesemutan dan kebas. Ada pula yang ujung jari tiba-tiba kaku dan sulit menggenggam dengan kuat. Gejala yang sudah parah adalah kepala migraine atau menjadi pusing sebelah serta dada terasa sesak dan sulit bernapas.

Gejala syaraf kejepit di pinggang, leher, tulang ekor, kepala

tenyata kesemutan juga bisa menjadi salah satu pertanda dari adanya syaraf yang terjepit

Bagaimana dengan gejala syaraf kejepit di bagian pinggang? Hampir sama dengan di bagian leher, ciri-ciri syaraf kejepit pada pinggang akan menimbulkan rasa sakit luar biasa. Pinggang akan serasa ditusuk-tusuk pisau. Rasa sakit itu juga akan menjalar ke bagian bokong serta paha dan betis. Rasa kesemutan panas-dingin juga menjadi salah satu gejala syaraf pinggang sedang bermasalah.

Kesemutan yang dibiarkan terlalu lama akan membuat kaki kram. Cobalah untuk meluruskan otot sekaligus memijatnya pelan-pelan agar otot lemas. Jika tidak ditangani, kaki akan kehilangan kekuatan hingga tungkai lemas dan tidak kuat menahan beban tubuh. Tidak jarang pula yang menyebabkan kaki lumpuh sesaat. Gejala yang biasanya datang gara-gara syaraf di pinggang terjepit adalah munculnya rasa panas dari bagian dalam kaki.

Kesimpulan umum gejala dan ciri syaraf kejepit:

  • Rasa nyeri.
  • Kesemutan.
  • Mati rasa/kebas.
  • Sensasi panas/terbakar.
  • Otot kaki atau tangan tidak bertenaga.

Syaraf terjepit memang harus segera ditangani agar tidak menimbulkan masalah serius. Setelah mengetahui tanda-tanda, gejala serta ciri-ciri syaraf kejepit, pastikan untuk selalu menggerakkan bagian tubuh agar otot lentur dan syaraf tidak tegang. Hindari pula terlalu banyak duduk agar tulang tidak kaku.

Ciri-Ciri Syaraf Kejepit dan Gejalanya | sehatgratis | 4.5