Ciri-Ciri Penyakit Jantung – Gejala dan Tanda

Friday, May 12th, 2017 - Gejala Penyakit

Gejala dan Ciri-Ciri Penyakit Jantung

Kasus kematian akibat penyakit jantung sangatlah tinggi. Banyak orang yang terlambat mendapatkan pertolongan karena mereka tidak sadar bahwa mereka terkena penyakit ini. Oleh karena itu, hal penting yang harus diketahui adalah mengenali berbagai tanda awal ataupun gejala dan ciri-ciri penyakit jantung. Dengan mengetahui berbagai gejala tersebut, maka pengobatan dapat segera dilakukan sedini mungkin agar tak menjadi parah.

Ada beragam penyebab penyakit jantung secara umum. Yang paling utama dikarenakan oleh gaya hidup yang tak sehat, tingkat stress, serta jarangnya berolahraga. Metode diet yang salah pun bisa memicu penyakit ini. Resiko sakit jantung akan meningkat pada orang yang berumur 45 tahun keatas. Apalagi jika kita seorang perokok berat, memiliki kolesterol tinggi, diabet, darah tinggi, obesitas, ataupun keluarganya punya riwayat jantungan, maka kita harus lebih mawas diri lagi.
Ciri-ciri penyakit jantung

Gejala Penyakit Jantung

Sekarang kita akan membahas gejala apa saja yang bisa membantu dalam mendeteksi sakit jantung sejak dini. Gejala yang paling umum adalah nyeri di dada. Organ jantung yang tidak mendapat pasokan oksigen dan darah yang cukup akan membuat jantung terasa nyeri. Pada penyakit jantung yang lebih parah, rasa nyeri di dada akan dibarengi dengan rasa sakit seperti jantung sedang diremas.
Gejala penyakit jantung

Ciri-ciri penyakit jantung berikutnya adalah mengeluarkan keringat berlebih meskipun sedang tidak beraktifitas. Biasanya, munculnya keringat berlebih, terutama di telapak tangan, adalah adanya masalah pada jantung. Tak hanya mengeluarkan keringat saja, rasa lelah yang berlebihan juga merupakan gejala penyakit jantung. Jika seharian tidak melakukan kegiatan yang menguras tenaga namun pada malam hari tubuh merasa sangat lelah, alangkah baiknya untuk melakukan pemeriksaan jantung.
Ciri-ciri sakit jantung

Sesak napas adalah gejala penyakit jantung yang juga tak bisa diremehkan pula. Kontraksi otot jantung yang tidak normal akan berdampak ke paru-paru sehingga membuat penderita sesak napas. Selain itu, jantung berdebar juga merupakan tanda penyakit jantung. Jantung yang tiba-tiba berdebar kencang tanpa sebab menunjukkan bahwa jantung bekerja lebih keras karena adanya masalah.
Tanda sakit jantung

Tanda-tanda penyakit jantung selanjutnya yang harus diperhatikan adalah adanya pembengkakan di bagian tubuh. Jika ada bagian tubuh yang tiba-tiba membengkak tanpa sebab, dan tanpa ada rasa sakit, sebaiknya segera periksakan jantung Anda. Terkadang, pembengkakan yang dibiarkan terlalu lama akan memunculkan rasa sakit. Hal itu disebabkan karena darah yang tersumbat.
Tanda-tanda penyakit jantung

Kesimpulan: tanda gejala dan ciri-ciri penyakit jantung

  • napas terasa sesak
  • perasaan nyeri di dada
  • keluar keringat berlebihan
  • pembengkakan tubuh tertentu

Jika gejala dan ciri-ciri penyakit jantung seperti yang dipaparkan diatas muncul, ada baiknya langsung periksakan diri ke dokter. Bisa jadi, pertanda yang ada menyiratkan kondisi tubuh yang tak sehat bagi kita. Setelah mengetahui diagnosa dokter, maka akan lebih mudah untuk mengambil langkah-langkah medis untuk menangani penyakit ini sebelum menjadi parah. Kita harus benar-benar memulai hidup sehat. Perhatikan juga makanan apa saja yang diperbolehkan ataupun yang dilarang. Semuanya demi kesehatan jantung kita sendiri.

Ciri-Ciri Penyakit Jantung – Gejala dan Tanda | sehatgratis | 4.5