Cara Mengobati Syaraf Kejepit

Wednesday, May 3rd, 2017 - Pengobatan Penyakit

Tips Mengobati Syaraf Kejepit

Urat syaraf yang kejepit bisa menjadi penghalang aktivitas sehari-hari. Rasa nyeri yang ditimbulkan juga sangat menyiksa. Saraf kejepit umumnya memang menyerang tubuh bagian belakang seperti pinggang atau punggung bagian bawah, tetapi tidak menutup kemungkinan terjadi di bagian tubuh yang lain juga. Syaraf kejepit yang disebabkan cedera saat olahraga atau disebabkan oleh kecelakaan bisa menyerang bagian leher, lengan, atau kaki.

Rasa sakit yang berkepanjangan dan makin meningkat setiap harinya tak boleh diremehkan. Saraf terjepit yang tidak segera ditangani bisa berbahaya bagi tubuh. Selain membuat bagian tubuh kesemutan, syaraf kejepit bisa berbuntut kelumpuhan. Jaringan yang ada disekitar syaraf yang terjepit juga rawan terluka jika bagian tubuh yang syarafnya terjepit tetap dipaksakan melakukan aktivitas seberat biasanya.
Mengobati syaraf kejepit

Cara mengobati syaraf kejepit bisa melalui pengobatan medis atau melalui pengobatan tradisional. Pengobatan syaraf kejepit tentu harus sesuai dengan kadar keparahannya. Jika sudah bisa mendeteksi masalah ini sejak awal, cara mengobati secara alami bisa dilakukan. Rasa nyeri yang membakar, otot terasa kaku, dan bagian tubuh sulit digerakkan adalah tanda-tanda awal syaraf kejepit.

Istirahat yang cukup sangat penting untuk memulihkan penyakit ini. Hindari begadang, karena kurang tidur membuat tubuh capek dan otot mudah tegang. Sebelum tidur, sebaiknya berikan pijatan lembut ke bagian yang terasa sakit. Pijat adalah salah satu solusi jitu untuk menyembuhkan syaraf kejepit. Untuk mendapatkan hasil yang lebih efektif, pijatlah ke tukang pijat yang sudah ahli. Otot akan menjadi lebih rileks dan syaraf akan melemas. Dengan begitu, syaraf kejepit bisa lebih cepat sembuh.

Cara Menyembuhkan Syaraf Kejepit

Terapi alami yang bisa dilakukan untuk menekan rasa sakit dari syaraf kejepit adalah terapi panas dan terapi dingin. Terapi ini dilakukan dengan cara mengompreskan es atau air panas ke bagian yang sakit. Syaraf kejepit biasanya menimbulkan benjolan sehingga membuat bengkak. Kompres panas atau dingin bisa membantu sirkulasi darah lebih lancar sehingga bengkak bisa hilang. Cara membuat kompres dingin adalah dengan es dan kain. Agar kulit tidak syok dan terbakar, hindari langsung menempelkan es batu ke kulit. Bungkuslah es batu dengan kain atau kantong plastik, lalu tempelkan ke bagian yang sakit atau bengkak. Diamkan selama 15 menit dan lakukan kompres dingin ini tiga hingga empat kali sehari.
Cara menyembuhkan syaraf kejepit

Sedangkan kompres panas adalah dengan menyiapkan air panas dan sebuah botol. Masukkan air panas ke dalam botol, lalu tempelkan di bagian yang sakit selama satu jam. Cara lainnya adalah dengan mencelupkan handuk ke air panas, lalu ditempelkan ke bagian yang syarafnya terjepit. Mandi air hangat juga bisa membuat syaraf lebih lemas dan peredaran darah lebih lancar. Ketika melakukan kompres panas atau mandi air panas, cukup lakukan satu jam saja. Hindari mengompresnya lebih dari satu jam karena bisa menyebabkan syaraf dan otot makin meradang.

Mengoleskan minyak pada bagian tubuh yang syarafnya kejepit juga bisa menjadi solusi ampuh. Minyak yang bisa digunakan untuk meringankan rasa sakit diantaranya minyak kamomil, peppermint, lavender, marjoram, dan cendana. Oleskan minyak tersebut ke bagian yang sakit sambil diberi pijatan lembut. Minyak-minyak diatas juga bisa digabungkan dengan minyak zaitun. Minyak zaitun membuat kulit terasa hangat sehingga rasa sakit bisa berkurang.
Cara mengobati saraf terjepit

Bagaimana dengan pengobatan syaraf kejepit di bagian bahu? Madu dan kayu manis adalah solusinya. Siapkan secangkir madu dan kayu manis secukupnya. Buatlah pasta dari kedua bahan tersebut dengan mencampurkan keduanya hingga kental. Oleskan campuran tersebut ke bagian yang sakit dan tunggu hingga 10 menit. Biasanya, kulit akan terasa sedikit panas karena efek dari kayu manisnya. Madu dan kayu manis dipercaya bisa mengurangi rasa sakit. Pemakaiannya yang rutin juga bisa emnghilangkan rasa sakit sama sekali.

Ada pula bahan makanan yang bisa digunakan sebagai penyembuhan syaraf kejepit di bagian leher. Masker kentang merah adalah terapi yang wajib dilakukan jika ingin leher cepat sembuh. Blenderlah kentang merah hingga seperti jus. Gunakan jus tersebut di bagian yang syarafnya terjepit. Tunggu hingga kering sebelum membilasnya dengan air bersih. Masker kentang merah berkhasiat memulihkan syaraf yang terjepit sehingga tidak memperparah kondisi syaraf.
Tips cara menyembuhkan urat syaraf kejepit

Makanan yang wajib dikonsumsi ketika terserang syaraf kejepit adalah makanan dan minuman yang mengandung kalsium dan kalium. Kalsium sangat dibutuhkan tulang. Dengan mengkonsumsi makanan dan minuman berkalsium tinggi akan membuat syaraf kejepit bisa segera pulih. Sayur hijau, keju, yogurt dan susu harus menjadi menu sehari-hari penderita syaraf kejepit. Makanan dan minuman tersebut memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Sedangkan kalium memiliki peran dalam metabolisme sel tubuh. Kekurangan kalium bisa memicu syaraf kejepit lantaran koneksi antarsyaraf akan melemah ketika tubuh tidak mendapat asupan kalium yang cukup. Makanan seperti alpukat, pisang, kacang-kacangan, susu skim dan jus jeruk adalah contoh makanan dan minuman yang mengandung kalium tinggi. Dengan bantuan makanan berkelium, fungsi syaraf akan makin seimbang.

Secara medis, pengobatan syaraf kejepit meliputi fisioterapi, suntik, dan obat. Terapi syaraf kejepit diyakini mampu memulihkan gerak tubuh. Latihan-latihan untuk merengangkan otot sekaligus memperkuat otot akan diberikan oleh ahli fisioterapi. Sementara untuk suntik yang diberikan pada penderita syaraf kejepit, suntikan kortikosteroid adalah suntikan yang mampu mengurangi rasa sakit. Suntikan ini diberikan di bagian tubuh yang syarafnya terjepit.Selain suntikan, pengobatan secara medis juga melibatkan obat-obatan atau analgesik. Semakin parah rasa sakitnya, dosis obatnya akan makin tinggi. Penyembuhan secara medis bisa menjadi pilihan jika pengobatan tradisional yang dipaparkan diatas tadi tidak mempan. Kedua cara pengobatan ini tentu sama manjurnya asalkan selalu dilakukan dengan rutin dan telaten.

Cara Mengobati Syaraf Kejepit | sehatgratis | 4.5